Pesan Mahar Siluet Sampai Jadi?! Kuno!!!

Sekarang ada paket rakit sendiri, tinggal request perancangan, susunan pake uang koin atau uker, nyusunnya mau gimana. Sudah dirancangkan, terus rakit sendiri, deh... Ada panduannya, loh!

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

Selasa, 31 Januari 2017

PAKAI INI SAJA BUAT YANG SUSAH BIKIN KUBAH


Ini tuh tepian relnya korden. Dijual murah kok di, mungkin, toko asesoris di kota Agan Sista ada. Karena di toko asesoris di sini ada! Terutama yang jualan nyambi jualan korden. Kalau yang khusus toko korden malah mahal biasanya.

Ukurannya cukup pas kok, diameternya sekitaran 8 cm dengan tinggi 6 cm. Ya akalu bukan untuk kubah utama dibuat jadi kubah yang gak utama aja bisa, kan? Sekarang banyak kok masjid yang kubahnya banyak. Di arab aja ada yang dinamakan Masjid Seribu Kubah. Pintar-pintar saja bikin masjid dengan bahan yang gampang disediakan.

Hehe... terus mau dicontohkan bikin masjid dari tepian korden itu? Hmm belum ada, Kang Mbakyu. Ini cuma share aja. Kali aja info ini bermanfaat. Tapi bener kok. Bahan ini cukup populer di kalangan pemahar. Cuma sepuluh ribuan. Modelnya bagus-bagus bukan motif ginian tok!

Trus kang, kalau untuk mahar pigura gimana? Itu kan buat kubah 3 dimensi...

MPT: Pintar-pintar, Mbakyu... kalau MPT bisa diakalin dengan memotong jadi dua pakai pemotong mesin bisa. Pakai gergaji besi biasa juga gak apa-apa. Gak perlu pas jadi dua bagian persis. Yang penting ada dasar yang bis ditempel di begron pigura aja.

Susah gak motongnya?

MPT: Dicoba, Yu dicobaa.... hih

Trus itu kan ukurane palingan cuma segitu doank. Masjide jadi aneh kalau kubahnya kecil...

MPT: Pilh saja, skala masjid diperkecil biar pas dengan kubahnya, atau bikin Masjid dengan 'tanpa kubah utama' akali dengan lebih dari satu kubah. Atau kalu mau, kubah besarnya trepes aja lebih gampang atau laennya lagi.. masih banyak cara kok Pintar-pintar saja

BERBAGI ITU INDAH.
Silahkan di share. Semoga bisa bermanfaat. Aamiin
Alhamdulillah...
Only for order:
WA / Line 085649533469
Galeri mahar kami:
www.fb.com/mpcantik

Sabtu, 21 Januari 2017

PEGEL GAK SIH KALO BERANTAKAN GINI?!



Sebenarnya bukan perkara pegel gaknya nyikapin gambar di atas sono, noh. Hihihi Terlihat gak rapi iya banget! Cuma baca dulu nih alasan dedengkote MPT kalo ditanya begitu...

Hahay lama tidak update ya, Bray. Dari januari, lho. Hmm sekarang yang ringan dulu aja bikin tutorialnya. Yang justru kebanyakan penyuka 'bikin sendiri' kurang menyadari arti hidup ini... ?... eits! Maksudnya kurang menyadari pentingnya elemen ini. Selain elemen Air, Api, Tanah, dan Udaranya Avatar tentunya yak... :)

Gini, Loh, Nda... Bukan maksud Ayah jadi kurang rapi kalo kerja, cuma ada hal kudu selalu ayah perhatikan. Yang ini loh, Nda:
1. Efektifitas kerja dengan menyiapkan semua yang dibutuhkan tentang alat maupun bahan sedekat mungkin dengan diriku agar mudah dijangkau setiap kali diperlukan.

2. Jika bisa, penempatan sebisa mungkin persis sama setiap kali berkarya. Ini meringankan kerja otak juga. Gampangnya, butuh ini, sudah tau tempat biasanya, perlu itu gak perlu mikir panjang tangan otomatis ngambil karena posisinya sudah terekam kamera... eh otak. Poin 2 ini orang meubel juga sudah mikir bikin meja kerja, kan? yang biar semua alatnya mudah terjangkau.

3. Perlahan tapi pasti dalam pekerjaan berbeda - maksudnya beda hari, yang mengakibatkan alat bahan dirapikan, kalau ada pekerjaan lagi dilakukan penempatan ulang- adalah mengevaluasi penempatan tersebut dengan mengondisikannya menjadi lebih rapi dari sebelumnya. Makin tertata semua kebutuhan persiapan berkarya makin efektif pula proses kerja kita.

Toh bunda juga yang seneng kalo ayah bakal jarang tanya, Nda tang mana? penggaris kok gak ada? Ambilkan koin kunonya ya! Nda, beli cemilan lah... laper... hihihi

Berikut ngejelasin alat dan bahan yang agak 'janggal' yang disiapkan Admin kalo lagi sibuk ngutak-atik mahar.

1. Puzzle siluet dan panduan, ini khusus kalau paket siluet only pasti sudah tahu ya, makanya sih pesan siluetnya saja disertai panduan, makin banyak orang yang pesan loh, sudah terbukti mudah dipasang. Rekan pemahar juga sudah banyak kok yang mesen. Hihi promo tetep.

2. Toples cemilan, tentunya yang ada isinya lah. Khusus kalo pengen ngemil, cuma disarankan cuci tangan dulu kalo lagi pegang-pegang uang. Sepertinya kudu ada washtafel juga nih di samping diriku. ?!

3. Keranjang mainan? Hmm naah lho, buat apa mas bro?!... Ini foto diambil pas masih ada Alyn tok, umur nya sekarang udah 3 tahun, ditambah ada adeknya yang bentar lagi siap membantu ayahnya lebih ngeberantakin. Jadi yak poin ini sangat penting untuk pengalih perhatian hehehe.

4. Kok ada lilin juga, mas? Nah kalo mati lampu? hayo!... asli bukan buat ngepet loh yang nungguin lilin biar gak mati terus datang duit banyak di atas nampan, hahahahah

Sip! kepanjangen yang baca males ntar...

Mohon diingat. Cobalah untuk lebih konsisten dalam berkarya, jangan gampang putus asa InsyaAllah berhasil.

BERBAGI ITU INDAH. Silahkan di share. Semoga bisa bermanfaat. Aamiin.

Alhamdulillah terbit satu artikel tutorial lagi.

Only for order:
WA / Line 085649533469

Galeri mahar kami:
www.fb.com/mpcantik

Sumber:https://web.facebook.com/MPTutorial/posts/802229529883549:0

Kamis, 19 Januari 2017

25 Kerajinan Tangan dari Bahan Kardus

KERAJINAN TANGAN DARI KARDUS – Banyak sekali kerajinan tangan yang dibuat dengan menggunakan barang bekas. Ada kerajinan tangan dari plastik, kerajinan tangan dari sedotan, kerajinan tangan dari kertas dan kerajinan tangan dari botol plastik.

Semua kerajinan tersebut dibuat selain untuk memanfaatkan barang yang sudah tidak terpakai lagi, juga dapat menambah nilai dari barang tersebut.

Contoh barang yang bisa dibuat dari barang bekas misalnya bunga dari sedotan. Awalnya sedotan bekas hanya memiliki nilai jual yang rendah. Tetapi, setelah diolah dan dibuat menjadi kerajinan bunga dari sedotan, nilai jualnya pun jadi meningkat.

Nah, salah satu barang bekas yang juga dapat dimanfaatkan dan diolah menjadi kerajinan tangan adalah kardus. Banyak lho kerajinan keren yang bahan bakunya kardus bekas. Kalau nggak percaya, mending langsung lihat aja deh beberapa kerajinan dari kardus berikut ini.

1. KURSI KARDUS




Kamu tentu sudah sering menemui kursi dari bahan kayu, besi, beton, atau plastik. Tapi, ternyata ada juga lho kursi yang dibuat dari kardus. Desainnya pun unik dan menarik, kamu bisa mencoba membuatnya di rumah.

Kursi dari kardus ini memiliki bobot yang lebih ringan dengan bentuk elegan. Cocok banget kalau kamu punya rumah minimalis. Tapi ingat, kursi kardus tentu tidak sekuat kursi dari kayu atau bahan lainnya ya.

2. MEJA KARDUS




Meja kardus ini cocok buat kamu yang sering menata ruangan atau suka bekerja di luar. Beratnya nggak kayak meja kayu, jadi kamu mudah untuk memindahkannya. Kamu juga bisa membentuknya menjadi berbagai macam bentuk yang tentu bisa kamu kreasikan semaumu.

Meja kardus bisa kamu buat dengan bahan kardus bekas atau baru. Tapi, untuk mendapatkan bentuk yang lebih baik, sebaiknya gunakan kardus baru. Selain masih bagus, kardus baru tentu lebih kuat saat dibuat menjadi meja.

3. CELENGAN KARDUS




Biasanya celengan terbuat dari bahan plastik atau kaleng saja. Tetapi, berkat ide kreatif seseorang, celengan dibuat dari bahan kardus bekas. Hasilnya pun sangat cantik dan rapi, nggak kalah sama celengan dari bahan plastik.

Kalau pengen nyobain bikin celengan kardus, kamu bisa berinovasi sendiri menentukan bentuknya seperti apa. Tinggal bikin dulu aja desainnya, kemudian potong dan bentuk jadi celengan.

4. PIGURA KARDUS




Pemanfaatan kardus masih sangat banyak sekali lho, bisa dibuat menjadi berbagai macam kerajinan. Salah satunya pigura foto yang cantik ini. Dengan memanfaatkan kardus bekas yang dilapisi dengan kertas daur ulang dan sedikit hiasan bunga, jadilah pigura foto yang menawan.

5. BUNGA KARDUS




Buat kamu yang pengen ngasih kejutan untuk pasangan, coba deh bikin bunga dari kardus ini. Bentuknya bisa kamu kreasikan sendiri. Selain akan membuat pasangan kamu terkesan, bunga ini nggak akan layu lho. Jadi, kamu bisa memajangnya dalam waktu yang lama.

6. PESAWAT KARDUS




Kalau kamu bingung bermain dengan anak atau adik, bisa cobain yang satu ini, pesawat kardus yang bisa dinaiki. Ukurannya pun cukup kalau cuma untuk satu orang anak kecil.

Selain memanfaatkan barang bekas, membuat mainan sendiri dapat meningkatkan kreatifitas kamu lho. Ajak juga adik atau anakmu membuat berbagai macam kreasi dari bahan kardus ini.

7. BURUNG KARDUS




Kerajinan dari kardus tidak hanya melulu yang kita gunakan sehari-hari lho. Salah satu contohnya kerajinan yang tau ini, burung hantu kardus.

Kerajinan yang satu ini tidak dapat kita gunakan untuk membantu pekerjaan kita atau menyimpan sesuatu seperti celengan. Tapi, kerajinan ini dapat dijadikan pajangan yang akan memperindah ruangan di rumah kamu.

8. TEMPAT TIDUR KARDUS



Ini bukan tempat tidur beneran ya, cuma mainan saja, cocok untuk anak perempuan nih. Biasanya kan anak perempuan memiliki boneka tuh. Nah, tempat tidur dari kardus ini bisa dijadikan hadiah untuk anak perempuan atau adik kamu. Biar bonekanya punya tempat tidur sendiri.

9. LAMPU GANTUNG KARDUS




Kalau biasanya lampu gantung itu terbuat dari besi yang berat. Ternyata ada juga lampu gantung yang terbuat dari kardus lho. Desainnya nggak kalah sama lampu asli yang terbuat dari logam. Selain itu, bobotnya lebih ringan dan pembuatannya tidak terlalu rumit dari pada yang berbahan logam.

Pages: 1 2 3

Kamis, 12 Januari 2017

Kerajinan Tangan dari Botol Berbentuk Sapu


Bahan dan Peralatan yang Dibutuhkan


  • Botol bekas
  • Gunting/pisau
  • Kawat/tali
  • Kayu
  • Baca juga: Kerajinan Tangan dari Barang Bekas


Cara Membuat Kerajinan dari Botol Berbentuk Sapu


  1. Kumpulkan terlebih dahulu bahan dan peralatan yang dibutuhkan.
  2. Setelah terkumpul, potong botol menjadi dua sesuai dengan contoh di atas.
  3. Jika ingin sapu kuat, sediakan dua botol bekas.
  4. Setelah dipotong menjadi dua, potong lagi seperti sapu.
  5. Gabungkan botol agar lebih kuat.
  6. Tambahkan kayu untuk pegangannya.
  7. Ikat kayu dan botolnya menggunakan kawat atau tali. Alangkah baiknya menggunakan kawat saja biar lebih kuat dan awet.
  8. Sapu dari botol bekas siap untuk digunakan.

Sumber: http://www.duniaq.com/30-cara-mudah-membuat-kerajinan-tangan-dari-barang-bekas/

Rabu, 11 Januari 2017

Kerajinan Tangan Pot Bunga dari Botol Bekas

Bahan dan Peralatan yang Dibutuhkan

  • Botol plastik bekas
  • Pisau
  • Hiasan untuk mata
  • Pupuk/tanah untuk menanam
  • Tanaman



Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Botol Bekas Berbentuk Pot Bunga

  • Siapkan bahan dan peralatan yang dibutuhkan
  • Setelah semua sudah terkumpul, langkah selanjutnya adalah memotong botol plasting dengan pisau.
  • Ukurannya dikira-kira saja atau lihat pada gambar.
  • Beri sedikit hiasan sesuai keinginan. Jika ingin sesuai contohnya, tempelkan saja tutup botolnya sebagai mulut dan tambahkan mata boneka, lalu tempel.
  • Jangan lupa untuk melubangi bagian bawah botol agar air tidak mengendap di dalam botol.
  • Masukkan botol pupuk dan tanah ke dalam botol.
  • Masukkan bibit tanaman yang ingin di tanam.


Sumber: http://www.duniaq.com/30-cara-mudah-membuat-kerajinan-tangan-dari-barang-bekas/

Senin, 09 Januari 2017

Tutorial Membuat Tempat Handphone Dari Botol Bekas Shampo


Halo teman, pada kesempatan kali ini kami memberikan tutorial terbaru. Ya, tutorial kali ini yang akan diberikan yaitu bagaimana cara membuat tempat handphone kreatif dari bekas wadah shampo.

Alat dan bahannya. Yaitu:




  • Botol shampo bekas
  • Gunting
  • Cutter
  • Spidol
  • Kertas Kado
  • Double tape
  • Bahan Membuat Wadah HP


Menggambar pola pada botol bekas  menggunakan spidol.



Lalu potong botol bekas shampo sesuai pola


Rapikan bagian-bagian yang sudah dipotong  menggunakan cutter sehingga hasilnya akan sesuai seperti gambar dibawah.


Buat lubang segi empat yang fungsinya nanti sebagai lubang untuk gantungan ke paku. Seperti gambar dibawah.


Langkah selanjutnya kita akan membungkus botol bekas shampo tadi dengan kertas kado supaya terlihat lebih cantik. Potong sesuai ukuran botol.



Kemudian rekatkan kertas kado tersebut dengan menggunakan double tape.



Tempelkan kertas kado sampai menutup permukaan botol.



Dan inilah hasil akhir dari tutorial cara membuat tempat HP dari bekas botol shampo.


Selamat mencoba


Sumber:http://inginbisa.com/tutorial/tutorial-cara-membuat-tempat-handphone-dari-botol-bekas-shampo.htm

Minggu, 08 Januari 2017

Cara Membuat Lilin Hias Dengan Mudah

Seperti yang kita tahu, lilin adalah sebuah sarana atau alat untuk penerangan dikala mati listrik. Di Indonesia memang seringkali ada pemadaman aliran listrik saat hujan badai menerjang, pada saat itu datang maka pelarian utama untuk penerangan adalah menggunakan penerangan dari lilin.

Pada umumnya di dalam lilin terdapat sebuah sumbu yang berada di bagian tengahnya yang kemudian dibungkus dengan bahan bakar yang padat. Jika ketika malam hari dan dalam keadaan listrik mati, lilin merupakan penerang yang sangat bermanfaat dalam keadaan darurat, selain dapat menjadi penerang ternyata juga bisa digunakan sebagai hiasan rumah yang indah. Hal ini akan membuat hati menjadi nyaman dan tentram, apalagi ketika sedang beribadah malam tentu saja menambah kesejukan hati.

Jika memiliki lilin yang bagus bukan hanya jadi penerang rumah, tetapi bisa menjadi hiasan yang indah di rumah-rumah. Kali ini yang akan dibahas adalah cara membuat kerajinan lilin hias. Berkreasi dengan kerajinan dari lilin merupakan salah satu yang paling menyenangkan, jika dapat dijadikan hobi maka dapat menjadi sebuah peluang usaha dan memiliki banyak peminat.

Pada umumnya bentuk lilin yang sering kita pakai adalah biasa, berbentuk huruf I panjang dan berwarna putih. Namun di tangan orang yang mempunyai kreatifitas tinggi, lilin pun juga bisa disulap menjadi kerajinan dari lilin yang lebih menarik dan berharga lebih mahal, apalagi kalau bukan dari kreatifitas mempermak lilin tersebut. Dengan tidak menghilangkan fungsi utama sebagai penerangan, lilin-lilin bisa dibentuk menjadi kerajinan dari lilin yang unik.



Macam- Macam Kerajinan Dari Lilin

Pada awal kemunculannya, bahan bakar yang digunakan sebagai selimut dari sumbu tersebut menggunakan lemak sapi yang mengandung banyak asam stearat. Tetapi pada perkembangannya, bahan bakar yang digunakan terbuat dari parafin, untuk menghasilkan lilin yang baik tentunya dengan cara membuat lilin dengan baik dan benar.

Kerajinan Lilin Gelas
Hasil kerajinan tangan dari lilin yang pertama adalah lilin gelas. Seperti namanya, lilin gelas adalah lilin yang dikemas menggunakan gelas.

Kerajinan Dari Lilin dan Kulit Telur
Lilin berikut ini adalah lilin yang dimasukkan ke dalam cangkang telur. Sebelumnya cangkang telur sudah dikosongkan isinya dan dicat dengan warna-warni.

Kerajinan Lilin Hias Unik
Lilin hias berikut ini adalah hasil kerajinan tangan dari lilin yang mempunyai bentuk unik. Lilin memang bisa dibentuk dengan sesuka hati. Ada yang berbentuk kubus, bisa juga dibentuk menjadi buah.

Kerajinan Lilin Lampion
Kerajinan tangan dari lilin berikut ini adalah lilin dengan lampion kaca. Cara membuatnya cukup mudah, cukup masukkan lilin kedalam toples kaca dan berikan pegangan. Salah satu kelebihan kerajinan ini adalah cukup tahan terhadap hembusan angin karena terlindungi kaca.

Cara Membuat Lilin Hias dan Lilin Aroma Terapi Kreasi Sendiri


  • Persiapan dan Bahan Membuat Lilin Hias Aroma Terapi
  • Lilin bekas (bisa lilin yang sudah hancur atau bekas lelehan lilin). 
  • Gelas kaca mini bening atau cetakan kue.
  • Sumbu lilin atau benang kasur (bisa dibeli di toko kerajinan tangan).
  • Pewarna bubuk sesuai selera.
  • Panci berukuran sedang dan panci berukuran kecil.
  • Glitter atau pernik-pernik blink-blink hias.
  • Bibit minyak wangi atau parfum.
  • Pisau dan gunting.


Langkah-langkah

  1. Siapkan panci berukuran sedang, kemudian isi dengan air setengahnya. Nyalakan kompor dengan api sedang dan panaskan air dalam panci sedang tadi.
  2. Sambil menunggu panas, siapkan bahan utamanya. Rajang atau hancurkan lilin bekas, sisa lelehan lilin / lilin baru yang tadi dengan pisau supaya cepat leleh.
  3. Masukkan lilin rajangan tadi ke dalam panci kecil. Cek  apakah air dalam panci besar sudah panas. Letakkan panci kecil diatas air panas dalam panci besar.
  4. Cara melehkan lilin ini mirip seperti melelehkan cokelat. Aduk-aduk lilinnya sampai leleh seluruhnya.
  5. Setelah meleleh sempurna, matikan kompor dan angkat panci kecilnya. Tambahkan pewarna bubuk sesuai selera dan juga bibit minyak wangi atau parfumnya, kemudian aduk sampai tercampur rata.
  6. Apabila ingin lilinnya cantik, kamu bisa menambahkan glitter atau pernak-pernik hiasan cantik ke dalam lelehan lilin itu. Selanjutnya aduk sampai glitter tercampur rata.
  7. Siapkan sumbu dan cetakannya. Caranya, ambil sumbu dan ukur sesuai yang diperlukan, lalu potong dengan gunting. Letakkan dalam cetakan dengan sisa sumbu dijaga jangan sampai tertimbun lelehan lilin semuanya.
  8. Tuangkan lelehan lilin pada cetakan yang sudah disiapkan tadi. Isi ¾ bagiannya saja.
  9. Diamkan sampai lelehan lilin mengering dan dingin. Supaya lebih cepat bisa dikipas dengan kipas angin kecepatan rendah.
  10. Nah, sekarang sudah jadi. Lilin hias aroma terapi kreasi sendiri siap dipakai untuk pelengkap candle light dinner mu bersama orang tersayang. Hem, makin tambah romantis saja, ya. 
  11. Saat mencetak kalau bisa menggunakan wadah plastik, walaupun susah dikeluarkan dari cetakan, lalu masukkan ke dalam kulkas maka akan mudah untuk dikeluarkan.
  12. Jika ingin sumbunya tidak mengeluarkan asap yang banyak, sebelum dijadikan sumbu rendam dengan air garam selama 3 jam kemudian keringkan.


Bagaimana, cara membuat lilin hias aroma terapinya mudah sekali bukan? Oiya, coba juga untuk mengkreasikan beberapa bentuk cetakan, bibit parfum dan juga pewarnanya. Siapa tahu kamu mendapatkan kreasi lilin hias aroma terapi yang unik dan cantik. Misalkan saja dengan membuat adonan lelehan lilin berbagai macam warna. Lalu tuangkan ¼ bagian dari masing-masing warnanya pada cetakan. Maka hasil akhirnya akan menjadi lilin pelangi yang cantik.

Nah, jika kamu belum memiliki ide, sebaiknya kamu cari beberapa gambar tentang lilin hias. Terapkan atau modifikasi sesuai dengan kreasi dan keinginanmu. Sebagai contoh dan bahan referensi, kamu bisa mencontoh beberapa hasil kreasi lilin hias aroma terapi berikut ini.


Sumber : http://seozen.biz/kerajinan-dari-lilin/

Kamis, 05 Januari 2017

Membuat Cover Acrilic Dengan Ukuran yang Benar

Ngukurnya kalau ingin gak kepanjangan
atau kependekan, ya pakai rumus ini
InsyaAllah bagus deh Hasilnya

Rabu, 04 Januari 2017

Tas Cantik dari Kardus Bekas


Sebagian wanita suka sekali mengoleksi tas. Berbagai merk dan model tas dikoleksi. Namun, rasanya ada yang kurang jika kamu tidak mengoleksi kerajinan tas dari kardus. Lebih menarik lagi jika kamu membuat kerajinan tas dari bahan kardus sendiri.

Untuk membuat kerajiinan tangan dari kardus berbentuk tas tidak terlalu sulit. Bahan dan peralatannya pun mudah didapatkan. Bagi kamu yang tertarik untuk membuat kerajinan tangan dari kardus berbentuk tas, berikut bahan dan peralatan yang dibutuhkan serta cara membuatnya.
Bahan dan Peralatan yang Dibutuhkan:


  •     Kardus bekas
  •     Tali rafia
  •     Lem
  •     Gunting
  •     Tali untuk pegangan
  •     Kertas kado
  •     Plastik transparan putih
  •     Jarum kasur


Cara Membuat Tas dari Kardus 


  1.     Langkah pertama yang dilakukan dengan menggunting kardus sesuai bentuk tas yang diinginkan.
  2.     Agar tas terlihat menarik, bungkus bagian dinding luar kardus dengan kertas kado. Jika memiliki bahan untuk mempercantik dinding luar kardus lainnya, kamu bisa gunakan. Jadi, tidak harus menggunakan kertas kado.
  3.     Agar tas yang dibuat nantinya awet dan tahan air, lapisi bungkusannya dengan plastik transparan.
  4.     Saatnya kamu merangkai potongan-potongan kardus tersebut menjadi tas. Gunakan jarum dan tali rafia untuk merangkainya dengan cara dijahit.
  5.     Langkah terakhir adalah memberikan lubang dan tali untuk pegangannya.
  6.     Tas dari kardus sudah bisa digunakan.


Sumber : http://ruangtanya.com

Selasa, 03 Januari 2017

Cara Membuat Tas Cantik dari Plastik Bungkus Kopi


Sudah tau belum siapa penemu plastik? Sekedar nambah ilmu saja ya bagi yang belum tau. Plastik merupakan temuan kreatif seorang ahli kimia bernama Leo Hendrik Baekeland pada tahun 1910. Temuan ini memang memberi hal positif bagi masyarakat karena plastik dapat memberikan nilai praktis dalam penyajian sesuatu, terutama pabrik-pabrik makanan dan minuman kemasan.

Setelah makanan dan minuman bentuk kemasan dikonsumsi,  yang tersisa tinggal bungkus plastiknya dan dibuang begitu saja. Nah, ini salah satu dampak negatif karena plastik adalah sampah anorganik yang butuh puluhan tahun untuk menguraikannya.

Bagi sebagian besar masyarakat, sampah plastik ini  dianggap sebagai barang  tidak berguna yang hanya mengotori rumah. Namun bagi mereka yang mengerti dan peduli terhadap lingkungan, sampah ini  menjadibermanfaat dengan didaur ulang menjadi tas, dompet, gelang, pakaian dan lainnya. Hitung-hitung mengurangi volume sampah plus menanamkan program Go Green dimulai dari diri sendiri.

Kali ini kita akan bikin tas unik dan cantik dari bungkus kopi. Sebelum memulai, siapkan bahan dan alatnya:
– Bungkus kopi instan
– Gunting
– Penggaris
– Jarum dan benang jahit
– Furing/kain polos
– Ritsleting

Cara membuat tas unik dan cantik dari bungkus kopi:
Langkah 1: Siapkan bungkus kopi instan merk apa saja. Lalu buang bagian atas dan bawah hingga kedua sisi terbuka
daur-ulang-plastik-kemasan-bekas


Langkah 2: Cuci bersih semua bungkus kopi lalu jemur hingga kering atau lap dengan kain

Langkah 3: Potong bungkus kopi (tiap bagian 2 cm)


Langkah 4: Lipat 1 cm ke dalam pada ujung atas dan bawah hingga lebarnya menjadi 2 cm. Buat 1000 lipatan dari 500 bungkus atau sesuai ukuran yang diinginkan

Langkah 5: Anyam keempat lipatan membentuk baling-baling seperti ini


Langkah 6: Gabungkan baling-baling yang sudah terbentuk satu-persatu dan jangan lupa buat sudut tegak vertikal agar bisa dianyam ke arah atas. Bila proses ini diabaikan maka anyaman hanya akan berbentuk seperti tikar



Langkah 7: Buat tali tas dengan lipatan yang tersisa membentuk segitiga. Lalu gabungkan segitiga yang satu dengan yang lain (sebelum segitiga pertama ditutup dengan jahitan, masukkan dulu segitiga yang kedua, baru dijahit seperti mata rantai). Jika ingin lebih mudah, gunakan tali kur atau sejenisnya untuk tali tas

Langkah 8: Setelah tali siap, jahit pada keranjang tas sesuai letak yang diinginkan

Langkah 9: Lapisi bagian dalam tas dengan furing agak tebal atau kain polos agar lubang-lubangnya tertutupi. Lalu pasang ritsleting. Jika suka dengan bentuk yang original/asli, maka biarkan saja tanpa furing 

Semoga bermanfaat…

Dikutip dari http://zonakreatif.com/cara-membuat-tas-unik-dan-cantik-dari-plastik-bungkus-kopi/

 
//add jQuery library