Minggu, 08 Januari 2017

Cara Membuat Lilin Hias Dengan Mudah

Seperti yang kita tahu, lilin adalah sebuah sarana atau alat untuk penerangan dikala mati listrik. Di Indonesia memang seringkali ada pemadaman aliran listrik saat hujan badai menerjang, pada saat itu datang maka pelarian utama untuk penerangan adalah menggunakan penerangan dari lilin.

Pada umumnya di dalam lilin terdapat sebuah sumbu yang berada di bagian tengahnya yang kemudian dibungkus dengan bahan bakar yang padat. Jika ketika malam hari dan dalam keadaan listrik mati, lilin merupakan penerang yang sangat bermanfaat dalam keadaan darurat, selain dapat menjadi penerang ternyata juga bisa digunakan sebagai hiasan rumah yang indah. Hal ini akan membuat hati menjadi nyaman dan tentram, apalagi ketika sedang beribadah malam tentu saja menambah kesejukan hati.

Jika memiliki lilin yang bagus bukan hanya jadi penerang rumah, tetapi bisa menjadi hiasan yang indah di rumah-rumah. Kali ini yang akan dibahas adalah cara membuat kerajinan lilin hias. Berkreasi dengan kerajinan dari lilin merupakan salah satu yang paling menyenangkan, jika dapat dijadikan hobi maka dapat menjadi sebuah peluang usaha dan memiliki banyak peminat.

Pada umumnya bentuk lilin yang sering kita pakai adalah biasa, berbentuk huruf I panjang dan berwarna putih. Namun di tangan orang yang mempunyai kreatifitas tinggi, lilin pun juga bisa disulap menjadi kerajinan dari lilin yang lebih menarik dan berharga lebih mahal, apalagi kalau bukan dari kreatifitas mempermak lilin tersebut. Dengan tidak menghilangkan fungsi utama sebagai penerangan, lilin-lilin bisa dibentuk menjadi kerajinan dari lilin yang unik.



Macam- Macam Kerajinan Dari Lilin

Pada awal kemunculannya, bahan bakar yang digunakan sebagai selimut dari sumbu tersebut menggunakan lemak sapi yang mengandung banyak asam stearat. Tetapi pada perkembangannya, bahan bakar yang digunakan terbuat dari parafin, untuk menghasilkan lilin yang baik tentunya dengan cara membuat lilin dengan baik dan benar.

Kerajinan Lilin Gelas
Hasil kerajinan tangan dari lilin yang pertama adalah lilin gelas. Seperti namanya, lilin gelas adalah lilin yang dikemas menggunakan gelas.

Kerajinan Dari Lilin dan Kulit Telur
Lilin berikut ini adalah lilin yang dimasukkan ke dalam cangkang telur. Sebelumnya cangkang telur sudah dikosongkan isinya dan dicat dengan warna-warni.

Kerajinan Lilin Hias Unik
Lilin hias berikut ini adalah hasil kerajinan tangan dari lilin yang mempunyai bentuk unik. Lilin memang bisa dibentuk dengan sesuka hati. Ada yang berbentuk kubus, bisa juga dibentuk menjadi buah.

Kerajinan Lilin Lampion
Kerajinan tangan dari lilin berikut ini adalah lilin dengan lampion kaca. Cara membuatnya cukup mudah, cukup masukkan lilin kedalam toples kaca dan berikan pegangan. Salah satu kelebihan kerajinan ini adalah cukup tahan terhadap hembusan angin karena terlindungi kaca.

Cara Membuat Lilin Hias dan Lilin Aroma Terapi Kreasi Sendiri


  • Persiapan dan Bahan Membuat Lilin Hias Aroma Terapi
  • Lilin bekas (bisa lilin yang sudah hancur atau bekas lelehan lilin). 
  • Gelas kaca mini bening atau cetakan kue.
  • Sumbu lilin atau benang kasur (bisa dibeli di toko kerajinan tangan).
  • Pewarna bubuk sesuai selera.
  • Panci berukuran sedang dan panci berukuran kecil.
  • Glitter atau pernik-pernik blink-blink hias.
  • Bibit minyak wangi atau parfum.
  • Pisau dan gunting.


Langkah-langkah

  1. Siapkan panci berukuran sedang, kemudian isi dengan air setengahnya. Nyalakan kompor dengan api sedang dan panaskan air dalam panci sedang tadi.
  2. Sambil menunggu panas, siapkan bahan utamanya. Rajang atau hancurkan lilin bekas, sisa lelehan lilin / lilin baru yang tadi dengan pisau supaya cepat leleh.
  3. Masukkan lilin rajangan tadi ke dalam panci kecil. Cek  apakah air dalam panci besar sudah panas. Letakkan panci kecil diatas air panas dalam panci besar.
  4. Cara melehkan lilin ini mirip seperti melelehkan cokelat. Aduk-aduk lilinnya sampai leleh seluruhnya.
  5. Setelah meleleh sempurna, matikan kompor dan angkat panci kecilnya. Tambahkan pewarna bubuk sesuai selera dan juga bibit minyak wangi atau parfumnya, kemudian aduk sampai tercampur rata.
  6. Apabila ingin lilinnya cantik, kamu bisa menambahkan glitter atau pernak-pernik hiasan cantik ke dalam lelehan lilin itu. Selanjutnya aduk sampai glitter tercampur rata.
  7. Siapkan sumbu dan cetakannya. Caranya, ambil sumbu dan ukur sesuai yang diperlukan, lalu potong dengan gunting. Letakkan dalam cetakan dengan sisa sumbu dijaga jangan sampai tertimbun lelehan lilin semuanya.
  8. Tuangkan lelehan lilin pada cetakan yang sudah disiapkan tadi. Isi ¾ bagiannya saja.
  9. Diamkan sampai lelehan lilin mengering dan dingin. Supaya lebih cepat bisa dikipas dengan kipas angin kecepatan rendah.
  10. Nah, sekarang sudah jadi. Lilin hias aroma terapi kreasi sendiri siap dipakai untuk pelengkap candle light dinner mu bersama orang tersayang. Hem, makin tambah romantis saja, ya. 
  11. Saat mencetak kalau bisa menggunakan wadah plastik, walaupun susah dikeluarkan dari cetakan, lalu masukkan ke dalam kulkas maka akan mudah untuk dikeluarkan.
  12. Jika ingin sumbunya tidak mengeluarkan asap yang banyak, sebelum dijadikan sumbu rendam dengan air garam selama 3 jam kemudian keringkan.


Bagaimana, cara membuat lilin hias aroma terapinya mudah sekali bukan? Oiya, coba juga untuk mengkreasikan beberapa bentuk cetakan, bibit parfum dan juga pewarnanya. Siapa tahu kamu mendapatkan kreasi lilin hias aroma terapi yang unik dan cantik. Misalkan saja dengan membuat adonan lelehan lilin berbagai macam warna. Lalu tuangkan ¼ bagian dari masing-masing warnanya pada cetakan. Maka hasil akhirnya akan menjadi lilin pelangi yang cantik.

Nah, jika kamu belum memiliki ide, sebaiknya kamu cari beberapa gambar tentang lilin hias. Terapkan atau modifikasi sesuai dengan kreasi dan keinginanmu. Sebagai contoh dan bahan referensi, kamu bisa mencontoh beberapa hasil kreasi lilin hias aroma terapi berikut ini.


Sumber : http://seozen.biz/kerajinan-dari-lilin/

0 comments:

Posting Komentar

 
//add jQuery library