Kamis, 16 Februari 2017

GAK SEMUANYA SUSAH, ASAL TARGETNYA JELAS



Hihi ingin coba share evaluasi diri dalam membangun mahar masjid, kang, mbakyu... mau masukin ke catatan kok ya gambar-gambarnya kurang lengkap sementara masuk ke status dulu saja. Sementara.... sementaun kayaknya..

ASAL TARGETNYA JELAS SAJA. Ya itu... target jelas! Mau buat masjid yang seperti apa? Jangan ngliat contaoh saja, pikirin 'karya sendiri', kurangi mikir biar sedikit sama tapi beda. Mikir yang langsung bedanya saja! Hihi Yup! bikin masjid yang kayak gimana? Pikir lebih detail lagi.

1. Kira mau seimbang kiri kanan masjidnya atau dengan menara di sisi kanan? Yang umum yang imbang kiri kanan, berarti minimal menara 2. Iya, yang gampang dan cepet berarti menara dua. Atau gak pakai menara?! Boleh saja.

2. Kubah, bikin yang gampang saja kalau masih belajar sih, yang gampang juga belon tentu jelek kok, malah kadang ada keunikan sendiri. Buat saja yang 2 dimensi dari rentengan uang kertas pola kipas terus tepiannya dibikin lengkung bentuk setengah lingkaran atau bisa juga tepian bentuk kubah. Seperti gambar?

3. nah kira-kira seperti itu. Terus umumnya masjid ada apanya? Pintu dan jendela. Itung saja kanan kirinya pas pintu di tengah, jendela mau tiga tiga atau empat-empat ingin yang selebar apa ngebagiinnya yang rata biar gak ada yang nangis. Bikin lipatan dipaskan di foto pahlawan keren juga tuh. Batas antar jendela kasih saja gulungan melebar duit kertas saja beres! Seperti gambar lagi?! Pintu? cari pintu di um google diprint sesuai ukuran yang pas di print, gunting, tempel!

4. Kubah kecil? Butuh? gak butuh juga gak papa kalau perlu, yang gampang ya gambar sketsa saja terus gunting di dupleks emas dengan sketsa yang pas dengan ukuran masjidnya. Sudah?

5. Atap! Kala perlu dari lipatan memanjang uker di jejer sepanjang masjid, kalau perlu samapi 3 baris agar mirip berundak gitu.

6. Kalau perlu tangga boleh juga. Bikin 3 baris cukup!

7. Kalau bagiannya udah semua. Dicatat ya... perlu berapa bagian, perbagian perlu lembar uang gak, kalau perlu, butuhnya berapa lembar, catet!, dibuat seperti catatan ekonomi yang dari tabel gitu, biar gampang ngebacanya.

8. terakhir di total perlu berpa lembar. Terakhirnya lagi sinkronkan dengan nominal yang diingini maunya senilai berapa. Kalau nilainya sedikit tapi lembarnya banyak ya pakai ribuan, jangan mikir paduan warna kalau nominale sedikit, suslit loh.

9. Terakhirnya terakhir, rakit ya jreng, jangan cuma dirancang, ben ada hasil akhirnya. Terus evaluasi yang kurang apa, kalau mau diapikin lagi kudu ditambah apa caranya gimana, biar kalau ada temen yang ingin dibuatin pas tau itu bikinan sendiri jadi gak repot mikir dari nomor satu lagi... hehehehehehe

BERBAGI ITU INDAH.
Silahkan di share. Semoga bisa bermanfaat. Aamiin
Alhamdulillah...
Only for order:
WA / Line 085649533469
Galeri mahar kami:
www.fb.com/mpcantik

0 comments:

Posting Komentar

 
//add jQuery library